Sagalakayu, 'Si Kuat Penopang Beban'

Sagalakayu, 'Si Kuat Penopang Beban'

Gantungan dalam berbagai bentuk dan fungisnya sudah tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari-hari.Pakaian, tas, perabotan dan aksosri tidak mungkin hanya digeletakan begitu saja. Berkat ide-ide kreatif perajinnya, gantungan tidak sekadar fungsional tetapi sekaligus menjadi dekorasi menarik.

Kini gantungan di dinding tak cukup lagi hanya menggunakan paku yang ditanam ke dinding. Sedikit sentuhan seni dalam gantungan dinding unik ternyata mampu membuat pembeda pada interior rumah. Gantungan-gantungan cantic yang terbuat dari kayu ini pun diburu sebagai penghias rumah yang multifungsi.

Fokus pada pembuatan produk gantungan di dinding, Sagalakayu menghadirkan produk-produk cantic gantungan yang dibuat melulu hanya dari bahan kayu lokal Indonesia. “ Kami dapat input. Konsumen hari ini enggak akan beli barang dekoratif kecuali mereka memang kaya banget. Karena itu, desain jadi kunci, tapi yang utama tetap harus punya fungsi” kata Adi Indra Hadiwidjaja yang mendirikan Sagalakayu Bersama istrinya, Liza Susanto.

Rumahnya yang nyaman di kontur perbukitan Cipaku Indah, Bandung sekaligus menjadi ruang pajang untuk beragam produk gantungan. Sagalakayu sebenarnya memproduksi empat macam barang, yaitu gantungan, rak, peralatan makan, dan mebel. Namun produk andalan mereka yang utama adalah gantungan dan rak. “Maunya produk storage fungsional yang sekaligus berfungsi sebagai dekor” kata Adi.